SKIP TO MAIN CONTENT
Selasa, 10 Juli 2018
Cara Membuat Website | Tips Bikin Web Untuk Pemula

Cara Membuat Website - Mahir Bikin Web Bersama NethCourse

Melihat para freelancer yang bekerja sebagai web designer, muncul keinginan untuk menjadi web designer (desainer website/perancang situs). Setelah itu, muncul pertanyaan mendasar tentang bagaimana cara membuat website sedangkan ilmu dan wawasan dibidang pemrograman web dan desain website sama sekali nol. Adakah tips belajar web design yang efektif dan berhasil?

Mengingat manusia dibekali otak untuk berpikir oleh Sang Maha Pencipta yang Maha Adil, membuat kita optimis, bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Asal tekun dan bersungguh-sungguh belajar membuat website setahap demi setahap dengan sabar, target mahir bikin web bisa menjadi kenyataan (jangan lupa berdoa juga).

Tips Cara Membuat Website: Bertahap atau Kilat.

Banyak diantara pemain internet yang memiliki website/blog sendiri. Terkadang mereka memesan pada jasa pembuatan website murah dan seringkali pula mereka bertanya; adakah cara membuat website secara instan? atau, adakah cara instan alias cara cepat bikin website? Jawabnya: ada!. Banyak website penyedia layanan membuat website seperti 000webhost.com, Wix dan situs dalam negeri tidak mau kalah dan menjadi penyedia layanan bikin web instan. Tanpa coding sama sekali langsung jadi gak sampe 15 menit.

Kelemahan Website Instan alias Web Sekali Jadi

Cara membuat website yang dibangun secara instan jelas banyak kelemahan, diantaranya, kita tidak bisa mengeditnya berdasarkan kehendak sendiri harus gini gitu. Terpenuhinya keinginan kita akan website yang menurut kita bagus bergantung pada kelengkapan dan variasi fitur dari penyedia layanan website instan tersebut. Selain itu, bila ada bug (baca: kode website error) maka, kita tidak bisa memperbaikinya. Dan, banyak kelemahan lainnya yang tidak bisa disebutkan satu per satu disini. Bayangkan saja mie instan. Apakah mengenyangkan dan sehat? apapun yang berbau instan hanya sedap dilidah, gak sedap diperut wkwkwkw...

Belajar membuat website secara bertahap dan sungguh-sungguh justru akan sangat menguntungkan. Sekedar saran dari penulis blog ini, ambil kursus web murah saja di NethCourse karena anda akan diajarkan dan dibimbing untuk menjadi web designer yang handal dengan biaya kursus web murah dan jadwal kursus web fleksibel.

Belajar Membuat Website; Otodidak, Kursus Web atau Guru Privat?

Belajar membuat website bisa otodidak bisa juga mendaftar di kursus web seperti NethCourse. Banyak desainer website otodidak atau programmer otodidak dan tidak sedikit pula yang berhasil berkarya dan menghasilkan rupiah yang memuaskan, padahal SMA aja gak tamat. Karena, yang namanya belajar itu tidak memandang status single atau double, apalagi triple :p - Tidak pula bergantung pada tingginya latarbelakang pendidikan seseorang. "Ingin mahir bikin web? mulai dari sekarang!". Nah, cuma itu syarat utamanya. Kesiapan mental, waktu, kopi, rokok (bagi yang merokok) dan bersedia bersabar dalam belajar.

#2 Aplikasi Yang Diperlukan Untuk Membuat Website!

Berikut ini adalah aplikasi yang diperlukan untuk membuat website. Masing-masing nama aplikasi akan dijelaskan sesudahnya termasuk fungsi alias kegunaan software/aplikasi tersebut didalam membantu merancang sebuah website.

Daftar aplikasi atau software bantu membuat website berikut ini bersifat relatif. Artinya, antara satu web designer dengan yang lainnya berbeda. Ini masalah taste (rasa, enak gak enak, dsb). Akan tetapi, aplikasi utama dalam membuat website yang biasa digunakan oleh web designer dunia (khususnya NethCourse) yaitu, menggunakan aplikasi seperti daftar dibawah ini.

  • Macromedia Dreamweaver, kegunaan: aplikasi penulisan kode pembangun website.
  • Instant Eyedropper, kegunaan: aplikasi mengetahui kode warna HTML untuk mewarnai bagian tertentu di website.

Bila sudah terbiasa dan mahir coding web dengan kedua aplikasi bantu membuat website tersebut dilanjutkan dengan aplikasi berikut ini:

  • Xampp Server, kegunaan: bertindak sebagai server (hosting) website.
  • Filezilla Client, kegunaan: aplikasi untuk meng-upload file-file website ke server online beneran.

Untuk efektifitas belajar desain web, anda wajib sering-sering online. Bila ada kendala, googling aja. Belajar berdasarkan studi kasus lebih cepat daripada coding dari nol. Bagaimana belajar berdasarkan studi kasus itu? misalnya, "bagaimana cara membuat menu", "bagaimana membuat menu dropdown", "bagaimana membuat kolom-kolom website", dsb. Selamat mencoba!


By NethCourse (0882-2522-6922)
Back to KursusJateng Homepage.

NethCourse uses cookies to help google service, personalise ads, and more. By visiting us you agree with our Cookies & Privacy policy.